Sinyal Aneh Dari Mata Yang Tidak Boleh Diabaikan



Sinyal Aneh Dari Mata Yang Tidak Boleh Diabaikan [ www.BlogApaAja.com ]

Mata tidak hanya merupakan jendela jiwa,tetapi mata juga dapat menunjukkan tanda dan gejala jika terjadi masalah padatubuh. Beberapa tanda dan gejala dari beberapa penyakit pada tubuh dapatterlihat dari mata.

"Mata adalah satu tempat dalam tubuh yangsebenarnya dapat untuk melihat pembuluh darah dan arteri secara langsung,"kata Shantan Reddy, MD, seorang dokter spesialis mata dan spesialis retina diNew York University Langone Medical Center.

Maka seorang dokter mata biasanya dapatmenjadi yang pertama untuk mendeteksi masalah kesehatan yang serius sepertidiabetes atau tekanan darah tinggi. Kira-kira tanda dan gejala pada mata apasaja yang tidak boleh diabaikan?

Berikut 6 tanda dan gejala pada mata yangtidak boleh diabaikan seperti dikutip dari MSNHealth, antara lain:

1. Arteri pada mata tampak berwarna sepertiperak atau tembaga



Kondisi ini dapat merupakan tanda peringatanuntuk kondisi tekanan darah tinggi. Lebih dari 20 persen orang dengan tekanandarah tinggi tidak tahu bahwa telah memiliki penyakit tersebut. Namun masalahtersebut dapat diselesaikan jika semua orang mengunjungi dokter mata lebihsering.

"Hipertensi dapat dilihat melalui matakarena memberikan rona perak atau tembaga pada arteri retina. Jika tidakdiobati, kondisi ini bisa menyebabkan pembuluh darah di retina dan di seluruhtubuh mengeras, sehingga meningkatkan risiko untuk serangan jantung ataustroke," kata Reddy.

2. Tahi lalat di lapisan dalam mata



Kondisi ini dapat merupakan tanda peringatanuntuk kondisi melanoma. Sinar matahari mungkin dapat meningkatkan risikoterkena kanker di dalam bola mata.

"Kanker dapat terlihat seperti permukaanyang sedikit terangkat di lapisan pigmen retina. Mendiagnosa suatu melanomamata sedini mungkin sangat penting. Melanoma sering tidak memiliki gejalalainnya dan dapat dengan cepat bermetastasis ke jaringan sekitarnya," kataSophie J. Bakri, MD, dokter mata dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.

3. Pembuluh darah mata lebih lemah



Kondisi ini merupakan tanda peringatan untukdiabetes. Gula darah tinggi dapat menyumbat atau merusak pembuluh darah retinadari waktu ke waktu. Sehingga membuat pembuluh lemah dan keropos. Dokter matasering dapat mengenali rembesan atau, baru pembuluh darah abnormal yang tumbuhuntuk menggantikan yang rusak.

4. Peradangan pada mata



Kondisi ini merupakan tanda peringatan untukkondisi penyakit autoimun. Kondisi autoimun dapat menyebabkan tubuh untukmenyerang sel sehat dan jaringan (termasuk yang di dalam mata), yangmenyebabkan peradangan.

"Sekitar 30-50 persen kondisi peradanganpada mata menunjukkan pasien memiliki semacam penyakit autoimun yang tidakterdiagnosa, seperti lupus atau rheumatoid arthritis," kata Bakri.

5. Mata lecet



Kondisi ini dapat merupakan peringatan untukretinopati serosa sentral (CSR). Dapat terjadi lepuh di dalam bola mata.Kondisi, yang disebut CSR, biasanya disebabkan oleh stres mental atau emosionalyang berlebihan.

6. Pembuluh darah bengkak pada bagian putihmata



Kondisi ini dapat merupakan tanda peringatanauntuk kondisi alergi. Alergen udara seperti serbuk sari, debu, bulu binatangseringkali dapat mempengaruhi mata. Sebagai mekanisme pelindung, maka matamengeluarkan agen anti inflamasi histamin dan bahan kimia lainnya. Proses inidapat menyebabkan mata bengkak pada permukaan pembuluh darah, kemerahan, gataldan berair.


Follow On Twitter